Subscribe:

Senin, 17 November 2014

Resensi FIlm Radio Galau FM


Judul film : RADIO GALAU FM''
Produser : Gope T. Samtani, Subagyo
Sutradara : Iqbal Rais
Genre: Drama Comedy Remaja
Produksi : RAPI FILMS
Tayang di Bioskop: Agustus 2012
Durasi : 1 jam 30 menit
Data pemain film :
§ Dimas Anggara sebagai Bara Mahesa
§ Natasha Rizki sebagai Velinda Caliandra
§ Alisia Rininta sebagai Diandra Pramita
§ Jordi Onsu sebagai Rio
§ Indri Giana sebagai Tata
§ Ramon Y. Tungka sebagai Edo
§ Tiara Sumiarto sebagai Rara
§ Delly Malik sebagai Mamahnya Bara, dll.

1.1 Pendahuluan
Berawal dari akun twitter dengan nama @RadioGalauFM yang dibuat tahun 2010 lalu. Isi akun ini antara lain tweet-tweet seputar cinta yang galau dan konyol. Karena banyaknya penggemar yang tertarik oleh tulisan-tulisan diakun tersebut, penerbit menawari Bara (pemilik akun @radioGalauFM) untuk membuat buku yang berisi cerita cinta yang galau tapi konyol. Akhirnya buku setebal 168 halaman itu resmi terbit dengan judul ‘Frekuensi Patah Hati dan Cinta yang Kandas; Radio Galau FM’. Setelah buku itu sukses dipasaran, pihak dari RapiFilms pun tertarik untuk menjadikan buku tersebut menjadi film.

1.2 Pembahasan Resensi
Selama tiga tahun, Bara tidak punya pacar. Selama tiga tahun terakhir Bara menghabiskan malam minggu dikamar, pacaran dengan laptop dan mengejar impiannya menjadi penulis. Selama tiga tahun hanya ada satu hal yang konstan dalam hidup Bara : GALAU. Kegalauan Bara berakhir ketika hadir sosok Velin, adik kelas cantik dan imut yang kemudian menjadi pacarnya. Bersama Velin, Bara memasuki dunia baru yang penuh warna. Bersama Velin, hidup Bara menjadi lebih indah dan menyenangkan.
Tapi, masa-masa indah bersama Velin tidak bertahan lama. Velin yang manis perlahan bertransformasi menjadi manja dan menyebalkan. Velin berubah, Bara mulai gerah. Bara berusaha mencari solusi, tetapi sikap dramatis Velin kian menjadi. Velin bahkan sampai mencoba bunuh diri dan hal ini membuat Bara galau lagi.

Ditengah kegalauan Bara, hadir sosok Diandra, kakak kelas yang seksi dan dewasa. Diandra membuat Bara nyaman. Diandra membuat Bara senang. Diandra membuat Bara melupakan Velin. Sialnya, ternyata Diandra lebih dramatis dari Velin dan hal ini tersebut membuat Bara semakin galau. Awalnya Bara berpikir kehadiran perempuan akan membuat dirinya tidak galau lagi. Tapi nyatanya Velin dan Diandra malah membuat Bara galau tingkat nasional. Akhirnya bara memutuskan untuk mengejar impiannya menjadi penulis dia dia pun berhasil menyelesaikan buku perdananya yang sukses di pasaran dia pun kemudian menjadi penulis terkenal. Itu lah kisah hidup bara pemuda galau yang kemudia berhasil sukses karena bertekat mengejar cita-cita.

1.3 Penutup
Keunggulan film Dalam film ini terdapat ilustrasi tentang kebiasaan yang hampir semua orang pernah mengalaminya sehingga temanya dapat di cerna dengan mudah film ini juga menggunakan bahasa komunikatif terutama bagi kaum muda dan moderen. Film ini juga menceritakan tentang perjuangan menggapai cita-cita, seperti bara walau dalam kondisi galau dia akhirnya mendapat pencerahan bahwa tujuan utama kita adalah cita-cita dan dia pun membuktikan hal itu dan akhirnya dia menjadi penulis terkenal.

Kekurangan film Radio Galau FM’ mungkin terletak dari “cheesy” nya beberapa adegan dan noraknya kata-kata yang dilontarkan apalagi yang dilontarkan oleh Bara ketika sedang merayu perempuan. Hal tersebut begitu menganggu. Kemudian, ‘Radio Galau FM’ terlalu tampil bertele-tele di akhir cerita sehingga membuat penonton yang awalnya telah menanti-nanti ending dari ‘Radio Galau FM’ menjadi sedikit kecewa akibat ketidak sempurnaanya ending dari keseluruhan film ini. Selain kata-kata “cheesy” dan adegan-adegan yang cheesy serta ending yang tidak sempurna tersebut (dan jangan lupakan pula poster yang sungguh buruk itu) , ‘Radio Galau FM’ juga tampil sedikit mengesalkan di pertengahan akibat ke plin-planan tokoh Bara. Yah…mungkin bukan sebuah masalah besar. Namun, dibalik kekurangan-kekuranganya diatas, ‘Radio Galau FM’ tetaplah sebuah film yang jauh dari kesan mengecewakan.

0 komentar:

Posting Komentar