Tujuan
·
tujuan merancang dan membangun e-CRM
pada untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan diharapakan dapat meningkatkan
laba.
Rumusan
Masalah
·
diharapkan pelanggan mendapatkan kemudahan
pemesanan barang serta adanya pengelolaan database pelanggan yang nantinya akan
menghasilkan suatu informasi bagi pemilik perusahaan dan meningkatkan loyalitas
pelanggan
Batasan
Masalah
·
pemberian diskon khusus bagi pelanggan
yang sedang berulang tahun.
Proses
Pembelian
Berdasarkan daftar persediaan
barang, bagian pembelian membuat surat permintaan daftar harga. Kemudian surat
permintaan daftar harga barang diserahkan kepada supplier untuk disiapkan
daftar harga barangnya dan daftar persediaan barang disimpan kembali. Setelah
daftar harga barang diterima oleh bagian pembelian, maka bagian pembelian
memilih barang yang akan dipesan dan membuat surat order pembelian. Dari surat
order pembelian tersebut supplier menyiapkan barang yang dipesan beserta nota
pesan, surat order pembelian diarsip dan nota pesan diserahkan ke bagian
pembelian. Setelah bagian pembelian menerima nota dan barang, maka bagian
pembelian membuat jurnal pembelian dan menyerahkan nota ke bagian keuangan
untuk dilakukan pembayaran. Setelah menerima pembayaran dari bagian keuangan,
supplier membuat kwitansi sebagai bukti pembayaran lunas yang akan diberikan ke
bagian keuangan. Berdasarkan kwitansi tersebut, bagian keuangan membuat laporan
pembelian dan menyerahkan laporan pembelian kepada pimpinan.
Gambar 1. Flow proses pembelian
Proses
Penjualan
Awal mula pelanggan datang ke toko dengan membawa
daftar barang yang akan dibeli untuk memilih barang yang diinginkan. Kemudian
pelanggan membuat surat order barang yang nantinya diserahkan ke bagian
penjualan dan menyimpan kembali daftar barang. Setelah bagian penjualan
menerima surat order barang, akan menyiapkan barang dan nota pembelian lalu
nota pembelian diserahkan ke pelanggan dan surat order barang diarsip bagian
penjualan. Kemudian dari nota pembelian tersebut pelanggan melakukan pembayaran
beserta data pembayaran. Lalu bagian penjualan memberikan tanda cap “Lunas”
pada nota pembelian 2 rangkap. Nota 1 diberikan kepada pelanggan beserta barang
dan nota 2 untuk membuat laporan penjualan, kemudian nota pembelian diarsip
sedangkan laporan diserahkan kepada pimpinan.
Gambar
2.Flow proses Penjualan
Perancangan
system
Alur proses sistem informasi CRM yang akan dibangun
dengan menggunakan pendekatan sistem berorientasi objek
Gambar
3. Contex diagram
Gambar
4. DFD level 0
Gambar
5. DFD level 1 proses 1
Gambar
6. DFD level 1 proses 2
Gambar
7. DFD level 1 proses 3
Kesimpulan
Berdasarkan
uraian dan pembahasan yang dilakukan maka dapat dibuat kesimpulan, dengan
adanya sistem CRM, maka akan memberi kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan
pemesanan barang tanpa harus datang langsung ke Toko Murah dan terciptanya
suatu sistem database pengelolaan pelanggan yang memudahkan komunikasi antara
pelanggan dan perusahaan serta dapat dihasilkan informasi yang bermanfaat bagi
perusahaan.
Daftar Pustaka : eprints.dinus.ac.id/13339/1/jurnal_13925.pdf
0 komentar:
Posting Komentar