Subscribe:

Jumat, 15 Januari 2016

Rancang Bangun e-CRM

Tujuan
·         tujuan merancang dan membangun e-CRM pada untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan diharapakan dapat meningkatkan laba.
Rumusan Masalah
·         diharapkan pelanggan mendapatkan kemudahan pemesanan barang serta adanya pengelolaan database pelanggan yang nantinya akan menghasilkan suatu informasi bagi pemilik perusahaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan
Batasan Masalah
·         pemberian diskon khusus bagi pelanggan yang sedang berulang tahun.
Proses Pembelian
            Berdasarkan daftar persediaan barang, bagian pembelian membuat surat permintaan daftar harga. Kemudian surat permintaan daftar harga barang diserahkan kepada supplier untuk disiapkan daftar harga barangnya dan daftar persediaan barang disimpan kembali. Setelah daftar harga barang diterima oleh bagian pembelian, maka bagian pembelian memilih barang yang akan dipesan dan membuat surat order pembelian. Dari surat order pembelian tersebut supplier menyiapkan barang yang dipesan beserta nota pesan, surat order pembelian diarsip dan nota pesan diserahkan ke bagian pembelian. Setelah bagian pembelian menerima nota dan barang, maka bagian pembelian membuat jurnal pembelian dan menyerahkan nota ke bagian keuangan untuk dilakukan pembayaran. Setelah menerima pembayaran dari bagian keuangan, supplier membuat kwitansi sebagai bukti pembayaran lunas yang akan diberikan ke bagian keuangan. Berdasarkan kwitansi tersebut, bagian keuangan membuat laporan pembelian dan menyerahkan laporan pembelian kepada pimpinan.
Gambar 1. Flow proses pembelian

Proses Penjualan
Awal mula pelanggan datang ke toko dengan membawa daftar barang yang akan dibeli untuk memilih barang yang diinginkan. Kemudian pelanggan membuat surat order barang yang nantinya diserahkan ke bagian penjualan dan menyimpan kembali daftar barang. Setelah bagian penjualan menerima surat order barang, akan menyiapkan barang dan nota pembelian lalu nota pembelian diserahkan ke pelanggan dan surat order barang diarsip bagian penjualan. Kemudian dari nota pembelian tersebut pelanggan melakukan pembayaran beserta data pembayaran. Lalu bagian penjualan memberikan tanda cap “Lunas” pada nota pembelian 2 rangkap. Nota 1 diberikan kepada pelanggan beserta barang dan nota 2 untuk membuat laporan penjualan, kemudian nota pembelian diarsip sedangkan laporan diserahkan kepada pimpinan.

Gambar 2.Flow proses Penjualan

Perancangan system
Alur proses sistem informasi CRM yang akan dibangun dengan menggunakan pendekatan sistem berorientasi objek

Gambar 3. Contex diagram 


Gambar 4. DFD level 0

Gambar 5. DFD level 1 proses 1

Gambar 6. DFD level 1 proses 2

Gambar 7. DFD level 1 proses 3

Kesimpulan
            Berdasarkan uraian dan pembahasan yang dilakukan maka dapat dibuat kesimpulan, dengan adanya sistem CRM, maka akan memberi kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan barang tanpa harus datang langsung ke Toko Murah dan terciptanya suatu sistem database pengelolaan pelanggan yang memudahkan komunikasi antara pelanggan dan perusahaan serta dapat dihasilkan informasi yang bermanfaat bagi perusahaan.
Daftar Pustaka :          eprints.dinus.ac.id/13339/1/jurnal_13925.pdf

0 komentar:

Posting Komentar